Jadikan hidup lebih bermakna.... Penuh semangat dan motivasi.... Wujudkan diri dengan karya dan bukti nyata.............................. Jadilah inspirasi untuk anak negeri....Kebanggaan diri sendiri.... Kebanggaan Keluarga.... Kebanggaan Bangsa dan Negara....
INDRA YUSUF_gcoz.blogspot

Rabu, 02 Maret 2011

Lanjutan Pertemuan123. Materi Ruang Lingkup VB.Net

Dalam VB tak akan lepas dari istilah-istilah seperti dibawah ini
maka kita harus familiar agar memudahkan kita dalam menjalankan
Program VB.net...

Mengenal OBJEK

Objek adalah kombinasi code yang dapat diperlakukan seperti unit. Sebuah objek dapat disebut sebagai potongan aplikasi, seperti kontrol atau sebuah form. Berikut ini menggambarkan contoh tipe objek yang dapat digunakan dalam Visual Basic :
• Command button : Kontrol dalam from, seperti command button, frame, objek.
• Form : Setiap form dalam project Visual Basic adalah pemisah atau pembatas objek.
• Database : Objek Database dan berisi objek lain, seperti field dan indeks.
• Chart : Char dalam Microsoft Excel adalah sebuah objek.
Yang Dapat Anda Lakukan Dengan Objek

Sebuah objek yang Anda definisikan, ada kalanya kode-kodenya tidak perlu Anda tuliskan. Sebagai contoh, Anda dapat membuat sendiri kotak dialog File Open dan File Save, tetapi Anda tidak perlu menulis kode-kodenya.

Mengatur Properti Objek

Pengaturan properti sebuah objek pada Visual Basic merupakan salah satu hal yang penting untuk dimengerti. Anda dapat menganggap suatu objek itu sama dengan sebuah benda yang memiliki beberapa identitas, dan properti itu sendiri merupakan identitas dari sebuah objek.

Mengatur Nilai Properti

Anda dapat mengatur nilai properti sebuah objek jika Anda ingin mengubah tampilan atau kemampuan dari sebuah objek. Untuk mengatur nilai sebuah properti, gunakan format perintah berikut ini :
objek.property = expression
Contoh berikut merupakan statemen yang menggambarkan bagaimana mengatur sebuah properti :

Text1.Top = 200 'mengatur properti Top ke 200
Text1.Visible = True 'menampilkan text box
Text1.Text = "Bambang" 'menampilkan 'Bambang' dalam text box


Pada Windows Properties terdapat beberapa komponen atau bagian,
yaitu:

• Object Box, kotak yang berisi nama objek yang ditampilkan daftar propertinya pada window propertis.
• Property List, daftar properti yang dapat Anda atur nilainya, untuk sebuah objek yang tertera dalam kotak tadi.
• Value, merupakan nilai untuk setiap daftar properti.
• Description Pane, adalah layar yang memberikan keterangan singkat tentang properti yang terpilih pada window properties
Beberapa Properti Penting
• Name : Properti ini sangat penting karena setiap objek dikontrol oleh rutin yang Anda tulis. Untuk itu setiap onjek harus memiliki nama yang berbeda.
• Caption : Nilai properti ini berupa teks yang akan ditampilkan sebagai judul objek saat digunakan sebagai user interface.
• Text : Digunakan untuk menampilkan atau menulis pesan dan dapat diedit langsung saat aplikasi berjalan oleh pemakai.
• Font : Properti ini menentukan jenis huruf yang akan digunakan.
• BackColor : Digunakan untuk mengatur warna latar belakang.
• ForeColor : Digunakan untuk mengatur warna teks dan grafik dari objek yang telah dipilih.
• Enabled : digunakan untuk mengatur agar kontrol suatu saat tidak dapat diakses.
• Visible : Digunakan jika suatu saat Anda ingin menyembunyikan atau menampilkan sebuah kontrol.
• Height : digunakan untuk mengatur ukuran objek yang bersangkutan.
Event
Pada Visual Basic versi sebelumnya, Anda tentu telah mengenal event yang menimbulkan istilah event-driven programming. Event merupakan sebuah function yang dipanggil untuk merespon kejadian/event tertentu, seperti klik mouse, penekanan tombol keyboard, perubahan nilai ļ¬eld pada database, dan lain-lain. Umumnya event mengirimkan dua parameter, yaitu object yang mengindikasikan sender/pengirim event, dan object yang menyediakan informasi pada event tersebut.
Dalam pembuatan program terdapat beberapa variabel,yaitu :
• Variabel Public : Variabel yang dapat digunakan / untuk semua object.
• Variabel General : Variabel yang dapat digunakan / dipanggil hanya dalam satu class. Contoh : Dim jurusan.
• Variabel Local : Variabel yang dapat digunakan / dibaca hanya didalam lingkungan atau daerah sendiri. Contoh : Dim lo As String
Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pembuatan program dalam Visual Basic:
• Dalam pembuatan variabel diawali dengan Dim.
• Dalam penulisan IF tidak perlu lagi menulis THEN dan END IF karena akan otomatis ada.
• Apabila membuat variabel dan variabel tersebut tidak digunakan, maka variabel tersebut akan menjadi salah satu penyebab error.
• Dalam penulisan program sedikit kemungkinan terjadi kesalahan, karena pada saat penulisan program akan muncul beberapa bantuan sehingga mengurangi error dalam penulisan.
Object Oriented Programming pada .NET
Prinsip utama OOP adalah memperlakukan masing-masing bagian dari sebuah aplikasi sebagai object. Berbeda dengan Procedural Programming, di mana sebuah aplikasi terdiri kumpulan function dan instruksi. Masing-masing object pada OOP dapat menerima pesan, memproses data, dan mengirim pesan pada object lainnya, serta dapat dilihat sebagai sebuah item yang berdiri sendiri dengan tanggung jawab dan aturan tertentu. Pada sebuah object, Anda tidak perlu mengetahui bagaimana object itu bekerja. Anda hanya perlu mengetahui apa yang dilakukan object tersebut. Terdapat banyak contoh untuk menjelaskan konsep OOP, hal yang umum diberikan adalah contoh pada dunia nyata. Misalnya sebuah mobil, seekor anjing, ataupun makhluk dan benda lain yang dapat mewakili sebuah object. Tetapi bagi seorang programer, mungkin akan lebih cepat memahami jika diberikan contoh yang langsung diambil dari aplikasi. Bayangkan sebuah aplikasi katalog buku, dimana Anda memiliki kategori buku, kategori ini merupakan suatu object. Kategori tersebut memiliki nama, judul, nomor ID yang unik ataupun deskripsi yang lain. Deskripsi dari object ini disebut dengan property. Pada object kategori, Anda dapat menambahkan, menghapus, atau menampilkan kategori. Aksi-aksi pada object ini (simpan, hapus, tampilkan) disebut dengan method. Anda dapat menggunakan method dan property yang tersedia pada object tersebut pada aplikasi Anda.
Class
Pada OOP, Anda akan sering bekerja dengan class. Class dapat dianalogikan sebagai sebuah template, sebuah struktur yang meliputi method dan property. Pada sebuah class, property (yang mendeskripsikan object) merupakan variabel dan method (yang merupakan aksi dari object) adalah function. Property dan method yang dideļ¬ nisikan pada class disebut dengan members.

OOP pada Visual Basic .NET
Perdebatan apakah Visual Basic merupakan bahasa pemrograman berorientasi object ataukah tidak, berakhir pada saat dirilisnya Visual Studio .NET dan generasi seterusnya. Pada .NET, Visual Basic murni merupakan bahasa pemrograman berorientasi object. Kegunaan OOP yang utama adalah memaksimalkan penggunaan kembali kode program (code reuse). Saat Anda melakukan drag and drop, prosesnya dikerjakan oleh control designer sehingga Anda tidak perlu mengetahui bagaimana object itu bekerja. Bahkan Anda bebas menggunakan sebanyak mungkin control dan memodiļ¬ kasi warna, bentuk, judul, bahkan event handling dari object. Dasar dari tipe sistem .NET adalah inheritance, yang tidak Anda temui dalam Visual Basic sebelumnya. Contoh implementasi inheritance pada .NET adalah namespace, .NET mengenal enam tipe kategori yang dapat dideļ¬nisikan pada namespace:
1. Classes.
Merupakan tipe referensi yang dideļ¬ nisikan dengan struktur Class .. End Class.
2. Arrays.
Merupakan tipe referensi yang menyimpan object dari tipe yang lain. Class Array didefinisikan pada namespace System pada .NET Framework Class Library.
3. Structures.
Dideļ¬nisikan dengan struktur Structure ... End Structure.
4. Interfaces.
Dideļ¬nisikan dengan struktur Interface .. End Interface.
5. Delegates.
Merupakan tipe referensi yang mengenkapsulasi method dan didefinisikan dengan statement Delegate.
6. Enumerations.
Merupakan kumpulan nilai yang berkaitan, dideļ¬nisikan dengan struktur Enum ..End Enum.
Masing-masing dari enam kategori tersebut dapat mendeļ¬ nisikan satu atau lebih members. Tipe-tipe members pada .NET adalah:

1. Fields.
Merupakan konstanta atau variabel yang mengizinkan akses tipe data. Fields dapat dideļ¬ nisikan oleh class, structure, dan enumeration. Fields digunakan sebagai data yang bersifat read-only, atau sering dideļ¬nisikan sebagai konstanta. Fields juga dapat berupa variabel read-only yang nilainya dideļ¬nisikan kali pertama pada class constructor dan tidak dapat diubah lagi.

2. Properties.
Property dapat dideļ¬ nisikan untuk class, structure, dan interface. Umumnya property dapat dibaca (readable) dan ditulis (writable), walaupun dapat juga diperlakukan read-only atau write-only.

3. Methods.
Merupakan function atau subrutin yang tersedia pada sebuah class, structure, interface, atau delegate. Pada sebuah method terdapat parameter atau argumen yang dapat dikirimkan by value atau by reference. Bagi programer Visual Basic 6.0 sudah tentu tidak asing lagi dengan parameter by value maupun by reference yang biasa digunakan dalam pembuatan function/procedure. By value berarti perubahan nilai pada variabel parameter yang dikirimkan hanya akan berlaku di dalam function, sementara by reference berarti perubahan nilai pada variabel di dalam function akan tetap berlaku pada saat function tersebut selesai dieksekusi dan kembali pada pemanggil. Dengan menggunakan keyword ByVal atau ByRef, Anda dapat menentukan bagaimana parameter dikirimkan.

4. Events.
Pada Visual Basic versi sebelumnya, Anda tentu telah mengenal event yang menimbulkan istilah event-driven programming. Event merupakan sebuah function yang dipanggil untuk merespon kejadian/event tertentu, seperti klik mouse, penekanan tombol keyboard, perubahan nilai ļ¬eld pada database, dan lain-lain. Umumnya event mengirimkan dua parameter, yaitu object yang mengindikasikan sender/pengirim event, dan object yang menyediakan informasi pada event tersebut.

Dalam pembuatan program terdapat beberapa variabel,
yaitu :
• Variabel Public : Variabel yang dapat digunakan / untuk semua object.
• Variabel General : Variabel yang dapat digunakan / dipanggil hanya dalam satu class. Contoh : Dim jurusan.
• Variabel Local : Variabel yang dapat digunakan / dibaca hanya didalam lingkungan atau daerah sendiri. Contoh : Dim lo As String
Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pembuatan program dalam Visual Basic:
• Dalam pembuatan variabel diawali dengan Dim.
• Dalam penulisan IF tidak perlu lagi menulis THEN dan END IF karena akan otomatis ada.
• Apabila membuat variabel dan variabel tersebut tidak digunakan, maka variabel tersebut akan menjadi salah satu penyebab error.
• Dalam penulisan program sedikit kemungkinan terjadi kesalahan, karena pada saat penulisan program akan muncul beberapa bantuan sehingga mengurangi error dalam penulisan.

Pengenalan Objek

Objek adalah kombinasi code dan tata data yang dapat diberlakukan seperti unit. Sebuah objek dapat disebut sebagai potongan aplikasi seperti control atau sebuah form. Isi sebuah aplikasi dapat juga sebagai objek.

Contoh tipe objek :
Command button : control dalam form, seperti command button, frame, objek
Form : setiap form dalam projeck VB adalah pemisah atau pembatas objek
Database : objek database dan berisi objek lain, seperti field dan indeks.
Chart : char dalam MS. Excel adalah sebuah objek.

Di dalam VB, sebuah data objek ( setting atau atributnya ) dihubungkan dalam sebuah property dan beberapa prosedur yang dioperasikan dalam objek dihubungkan dalam sebuah metode.

Pengenalan Property

Sebuah objek dapat dirubah karakteristiknya dengan mengubah propertinya. Pengaturan property sebuah objek pada VB merupakan salah satu hal yang penting untuk dimengerti. Anda bisa menganggap suatu objek itu sama dengan sebuah benda yang memiliki beberapa identitas dan property itu sendiri merupakan identitas dari sebuah objek. Misal suatu buku memiliki identitas panjang, lebar, warna, tebal dan yang lainnya.

Contoh beberapa property penting :

• Name
• Caption
• Text
• Font
• Blackcolor
• Forecolor
• Enabled
• Visible
• Height
• Width
• Top
• Left
• Tabindex
• Dragmode
• Mousepointer
• Autoredraw



Contoh Statement yang menggambarkan bagaimana mengatur sebuar property :
Text.top=200 ‘mengatur property top ke 200
Text.visible=true ‘menampilkan text box
Text.text= bambang ‘menampilkan bambang dalam text box

Pengenalan Event

Pada saat sebuah aplikasi windows dijalankan, akan banyak kemungkinan pekerjaan yag dapat dilakukan oleh pemakai program. Misalnya menekan tombol keyboard, memindahkan mouse, mengklik objek, memotong atau menempelkan objek dan masih banyak yang lain. Pekerjaan-pekerjaan semacam ini disebut dengan Event

Cara menuliskan event

Untuk menuliskan kode untuk prosedur sebuah event, langkah-langkahnya :

1. Dari windows desain form, klik objek yang akan diatur eventnya
2. Klik menu view dan piih pilihan code, sehingga windows code editor muncul di layar
3. Pilih nama event yang ingin anda tuliskan prosedurnya
4. Ketik kode event diantara pernyataan Privat…. Dan End Sub
Macam – macam event
• Event untuk Mouse
• Event untuk keyboard
• Event untuk perubahan
• Event untuk berhubungan
• Event untuk lain-lainnya

Dalam membuat program terdapat beberapa macam variabel, variabel-variabel tersebut dapat dibedakan menjadi 3 yaitu :

1) Variabel Public : Variabel yang bisa digunakan / panggil untuk semua proyek
2) Variabel General : Variabel yang bisa digunakan / panggil hanya dalam satu class
3) Variabel Local : Variabel yang bisa digunakan / dibaca hanya didalam lingkungan / daerah sendiri

Hal yang perlu diperhatikan dalam membuat program di VB.
- Dalam membuat variabel selalu diawali dengan kata “DIM”
- Jika menggunakan IF maka kita tidak perlu menuliskan “THEN” & “END IF” karena itu akan tertulis secara otomatis.
- Dalam penulisan program, sedikit kemungkinan terjadi kesalahan karena saat menulis program maka akan muncul beberapa bantuan penulisan, sehingga mempermudah dan mengurangi eror karena salah penulisan.
- Dalam pembuatan variabel, jika variabel itu tidak digunakan maka variabel tersebut akan menjadi salah satu penyebab terjadi eror.

Beberapa Fungsi Komponen-Komponen VB :

1. Text Box
Text box merupakan kontrol yang dipakai sebagai tempat untuk mengisi maupun menampilkan data. Contohnya pada aplikasi penjualan ini yaitu text box diisi dengan nama-nama stock barang yang akan disimpan ke dalam database.

2. Label
Label merupakan kontrol yang dipakai sebagai tempat untuk menampilkan keterangan.

3. Command Botton
Command button merupakan kontrolyang dipakai sebagai tombol untuk melakukan sebuah proses.

4. Combo Box
Combo box merupakan kontrol yang dipakai sebagai tempat untuk menampilkan daftar pilihan. dengan combo box kita tinggal memilih pilihan yang ada pada combo box tersebut.

5. List Box
List Box memiliki fungsi yang hamper sama dengan combo box, yaitu menampilkan daftar. perbedaannya, pada combo box hanya satu pilihan yang terlihat sebelum combo box diklik, sedangkan pada list box dapat menampilkan beberapa pilihan.

6. Option Botton
Option button berfungsi untuk menampilkan daftar pilihan.

7. Frame
Frame berfungsi untuk mengelompokan kontrol-kontrol pada form menjadi satu bagian.

8. List Box
Digunakan untuk menampilkan daftar pilihan yang bisa digulung.

9. Hscroll bar
Untuk penggulungan dengan langkah lebar dengan indikasi posisi pemilihan dalam posisi horizontal.

10. Dan masih banyak lagi yang lainnya

0 komentar:

Posting Komentar

INDRA YUSUF_gcoz.blogspot

B.Inggris

Join yuuu...

BISNIS ONLINE

Bisnis 100% Tanpa Modal

idebagus

Web hosting dan domain gratis untuk website di IdeBagus

BISNIS GRATIS